Friday, March 11, 2016

Info News : 5 Kota Besar Di Dunia Yang Terancam Tenggelam

Mencairnya es di kutub utara akibat pemanasan global semakin lama semakin memprihatinkan. Setiap tahunnya, permukaan air laut naik 1-3 mm. Apabila tak selekasnya diantisipasi, naiknya permukaan air laut pasti berbahaya untuk keberlangsungan hidup manusia yang tinggal di permukaan bumi. Yang lebih berbahayanya, sebagian kota besar didunia ternyata terancam terbenam akibat naiknya permukaan air laut, pondasi yang rapuh, ataupun penyedotan air tanah. Berikut 8 kota besar didunia yang terancam tenggelam tersebut .

1. Shanghai, China

Shanghai dahulunya hanya satu tempat yang dikelilingi rawa. Keperluan akan tempat tinggal serta jumlah masyarakat yang membengkak membuat bangunan pencakar langit semakin banyak di daerah itu. Tidak heran, setiap tahunnya permukaan tanah di Shanghai turun setengah inchi. Berdasarkan data PBS, permukaan tanah di Shanghai turun sekitar 2, 4 meter dalam rentang waktu th. 1921 hingga 1965. Beberapa pakar memperkirakan, tanah di Shanghai tidak dapat lagi menahan beban berat bangunan di atasnya. Diperkirakan suatu waktu Shanghai bakal terbenam jika Sungai Yangze meluap.

2. Ho Chi Minh City (Saigon), Vietnam

Salah satu kota terpadat di Asia Tenggara ini juga terancam tenggelam. Berkurangnya permukaan tanah membuat daerah ini rawan banjir. Setiap tahunnya, ketinggian banjir meninggi setinggi 2cm.

3. Bangkok, Thailand

Kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand, Smith Dharmasaroja, memperkirakan pada th. 2100 Bangkok bakal jadi Atlantis ke-2. Kota ini akan terbenam dikarenakan sebagian faktor, seperti : pergantian iklim akibat dampak rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah. Ditambah lagi letak kota yang rendah mengakibatkan Bangkok setiap tahunnya senantiasa alami banjir.

4. Mumbai, India

Tidak jauh tidak sama dengan Bangkok, kelompok aktivis Greenpeace memperkitakan pada th. 2100 kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut sampai 5 mtr. mengakibatkan kota ini masyarakat di kota terancam kelangsungannya.

5. Meksiko City, Meksiko

Kota yang satu ini setiap tahunnya terbenam sedalam 20cm apabila berlangsung banjir. Letaknya yang ada di lembah ditambah sistem drainase yang buruk dalam proses membuatnya.

No comments:

Post a Comment